Aku punya cita-cita penguin nyiptain lagu dari sejak jaman STM/SMK. Maklum lah kan pengen jadi musisi :D. wktu dulu aku masih nubie  maen gitarnya jadi susah juga nyiptain lagunya.  Cita-cita yang dulu dimimpiin akhirnya sekarang udah agak lumayan kecapai, lagu pertama aku yang nadanya agak aneh. Aku gak mau asal-asalan nyiptain nada, aku pengen bikin nada yang aneh, maksudnya nada yang gak biasa didenger sama kaum-kaum muda, maksudnya sih pengen bikin sensasi yang beda di music Indonesia *mimpi kali yeee..* yaa gpp smua berawal dari mimpi ko. Aku pengen ngerubah telinga-telinga para anak muda yang asalnya suka denger lagu-lagu yang ringan jadi suka sama lagu-lagu yang agak berat, mudah-mudahan bisa tapi aku yakin bisa.

Awalnya aku ganti-ganti nada berkali-kali, yang namanya ide bisa dateng kapan aja, bahkan waktu itu aku bela-belain bawa HP ke WC siapa tau ide dateng pas aku lagi pup hehe.. waktu itu pernah kejadian lagi mandi tiba-tiba ada alunan nada ditelinga aku, dalam keadaan tubuh yang berlumuran sabun aku lari ke kamar *pake anduk dooong.* kebetulan lagi ngebangun rumah si emang pada ngeliatin orang telanjang banyak sabun lari-lari ditengah rumah  -_____- tapi bagian bawah ditutup pake anduk :P, masuk kamar ngambil HP, dan direkamlah nada itu lewat suara aku. Trus juga waktu itu pernah lagi ngendarain motor aku bela-belain minggir dulu buat ngerekam nada yang ga tau dateng  dari mana,, ini yang namanya ilham kali ya.

Udah ada puluhan rekaman di hp tapi ga ada satupun yang sreg sama keinginan aku, bener-bener susah nih bikin lagu. Aku terus bereksperimen, sering-sering dengerin lagu yang aneh-aneh, mau yang nyanyinya suaranya jelek atau wajahnya jelek ga peduli kalo lagunya aneh gw dengerin. Akhirnya aku nemuin lagu yang bener-bener aneh, maksudnya nadanya ga biasa, masih inget waktu itu hari sabtu aku buka-buka youtube nemuin lagu jazon mraz judulnya just be honest *search sendiri kalo penasaran*, lagunya enak banget pastilah Jason mraz ga pernah gagal bikin lagu, dari lagu itu ga tau kenapa tiba-tiba aku nemuin chord yang aneh juga dan langsung dapet nadanya, lumayan enak didenger *sama sendiri*, cuman  susah cari nada di bagian reffnya, aku paksain bikin reffnya dan dapetlah nada itu, trus sekalian juga sama liriknya, tapi liriknya juga mentok ampe reff @_@.

Waktu itu hari rabu kalo ga salah,, temen aku lebih tepatnya sobat aku yang dulu gitaris aku juga maen kerumah sama sobat aku yang satu lagi, namanya Egi dia dateng  ke rumah tujuannya pengen ngopy konser the used, kebetulan lagi ada si Egi, aku kasih denger dia lagu ciptaan aku.

Irfan : “Gi urang nyiptakeun lagu siah, tapi teuing ngeunaheun teuing henteu, ceuk urang mah lumayan sih”

Egi : “ciiiiiiggg mana urang hayang ngadengekeun..”

Irfan : “tapi tong diseung seurikeun nyak..”

Egi : “moal lah percaya ka ente mah..”

Irfan : “tong percaya ka urang gi musrik hehe”

Egi : “heueuh gancangan..!!!”

Irfan : “jreng,, jreng,, nana,, nana,, nana,, nana” irfan memainkan gitar sambil menyanyikan lagunya *Narator*.

Egi : “wih.. ngeunaheun pong,, cig eta gripna naon wae??”

Irfan : “ieu gi,,”

Egi : “grip naon eta,,??”

Irfan : “teuing gi urg mah niron ti batur.. :D”

Egi : “ngeunaheun mpong,, eta tadi teh reff na..??”

Irfan : “huuh gi goreng nyak??”

Egi : “huuh pong tapi mimitina geus ngeunaheun, eta reff na pamaeh.”

Versi Indonesia :

Irfan : “gi aku nyiptain lagu hayoh, tapi gak tau enag gak tau engga, kata aku mah lumayan”

Egi : “coba mana,, aku pengen denger”

Irfan : “tapi nyanga diketawain yaa..”

Egi : “ya ngga lah percaya sama kamu mah..”

Irfan : “jangan percaya aku gi musrik hehe”

Egi : “iya cepetan..!!!”

Irfan : “jreng,, jreng,, nana,, nana,, nana,, nana” irfan memainkan gitar sambil menyanyikan lagunya *Narator*.

Egi : “wih.. enak pong,, itu chordnya apa aja sih??”

Irfan : “ini gi,,”

Egi : “chord apa itu,,??”

Irfan : “ga tau gi aku nyontek dari orang lain.. :D”

Egi : “enak mpong,, eta itu tadi reff nya..??”

Irfan : “iya gi jelek ya??”

Egi : “iya pong tapi pertamanya udah enak, itu reffnya ngerusak.”

Berarti emang bener reffnya gak beres. Wah stress nih gw kalo terus-terusan dipaksain bikin reff, besoknya sambil gawe, aku online FB, gak tau kenapa aku ngebuka profile orang laen cowok lagi *jangan mikir yang aneh2!!!*, disitu dia like page Aden, Aden vokalis edcoustic yang suka nyiptain dan nyanyiin lagi religi gitu, dan kebetulan kalo perform aku suka nyanyiin salah satu lagu dari dia. Aku buka blongnya http://adenlife.wordpress.com , dan disitu ada forum konsultasi lagu, iseng-iseng aku nanya sama dia tentang keluh kesah aku pas nyiptain lagu, eh pas besoknya dijawab, wah terharu berlinang air mata gw, dijawab sama musisi papan atas nasyid. Nih isinya :

Photobucket

Aku ikutin sarannya, ternyata bener pas lagi beres-beres ganti baju mau berangkat ke kantor aku nemuin nadanya, dan menurut aku nadanya aneh dan enak,, lumayan lah buat pemula, tinggal bikin lirik sama nge-tracknya, trus launchingnya, trus video clipnya, trus penghargaannya aamiin. Hehe

That’s all pengalaman gw nyiptain lagu, buat temen-temen WP yang baca, komen ya, atow follow, atow add friend *WP bisa add friend g sih..??* 😀

Dankeeeee…